haphiz_rakuen. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kopi Bisa Dijadikan Sumber Biodiesel

Stefanus Yugo Hindarto - Okezone
Foto: Ist

NEVADA - Ancaman krisis bahan bakar minyak di masa depan membuat para peneliti terus berupaya untuk menciptakan bahan bakar alternatif. Beberapa peneliti dari Nevada mencoba melakukan hal tersebut dengan percobaan membuat bahan bakar biodiesel yang bersumber dari ampas kopi.

Seperti dilansir Sciencedaily, Selasa (16/12/2008), bahan bakar dari kopi dinilai lebih murah dan ramah lingkungan jika digunakan sebagai bahan bakar mobil maupun truk.

Penelitian yang dilakukan oleh Mano Misra, Susanta Mohapatra, dan Narasimharao Kondamudi tersebut menyatakan ampas kopi dapat dijadikan bahan bakar karena mengandung 11-20 persen minyak. Ketiga peneliti tersebut melakukan percobaan dengan mengumpulkan ampas-ampas kopi dari beberapa coffee shop untuk kemudian memisahkan kandungan minyak yang ada dalam ampas kopi. Hasilnya melalui proses yang mudah dan muraj minyak tersebut dapat diolah menjadi biodiesel.

Peneliti mengungkapkan, akan mengembangkan terus pembuatan biodiesel dari ampas kopi dalam sebuah proyek kecil selama enam bulan ke depan.

Menurut para peneliti jika dapat dikembangkan menjadi industri massal, maka negara seperti Amerika Serikat dapat meraup untung sekira USD8 juta per tahun. Prediksi tersebut sangat mungkin, mengingat pasar biodiesel sedang berkembang pesat, diperkirakan pada tahun 2010 produksi biodiesel secara global mencapai 3 miliar drum galon. (srn)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 Comment:

lala mengatakan...

mau tny pak....klo mau tau lebh lengkap bs search d mn y???

Posting Komentar